Thursday, December 10, 2015

Panduan Tak Biasa Penampilan untuk Wawancara Kerja

Penampilan tidak bisa ditampik jadi salah satu pertimbangan kita untuk mengenal seseorang. Nah, begitu juga dengan wawancara kerja. Pewawancara Anda akan lebih tertarik mengenal Anda jika penampilan Anda mengesankan. Dari pihak kita sendiri yang akan diwawancara, pastinya penampilan yang baik akan meningkatkan rasa percaya diri.

Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda pernah salah kostum, bagaimana perasaan Anda saat itu? Apakah merasa minder dan tak percaya diri? Nah begitu juga jika Anda merasa penampilan Anda sangat tidak oke pada waktu wawancara. Apalagi jika bertemu dengan calon karyawan lainnya yang berpenampilan a la masa kini. Wah, bisa-bisa makin ciut!

Nah, oleh karena itu, jangan takut untuk berpenampilan bahkan yang tak biasa ketika wawancara kerja. Dari mata turun ke hati, Anda pasti sering dengar pepatah itu, kan.


Panduan Penampilan untuk Wawancara Kerja

Berikut beberapa tips penampilan untuk wawancara kerja nanti:

1. Penampilan yang berkesan

Jangan takut untuk berpenampilan. Anda tidak akan dinilai menor, kok. Ya tentu saja dengan beberapa ketentuan yang berlaku. Sebagai contoh, Anda bisa memadukan rok pensil dengan kemeja. Atau Anda bisa padukan kemeja dengan celana bahan. Sesuaikan dengan budaya perusahaan yang Anda lamar. Usahakan pakaian yang Anda kenakan pas di badan, tidak kelonggaran atau terlalu ketat agar tak berkesan berantakan.

Namun, ingat,  jangan berpenampilan terlalu kasual ketika wawancara. Meskipun pada saat itu Anda melamar di sebuah perusahaan kreatif sekalipun.

2. Padu-padankan warna

Jika memang tidak ditentukan, padu-padankan warna pakaian Anda agar terlihat tak biasa. Tak perlu takut menggunakan warna cerah. Sebagai contoh padukan celana atau rok hitam dengan atasan warna kuning. Atau Anda bisa memadukan atasan dan bawahan yang berbeda warna namun senada. Contohnya warna krem dan cokelat. Warna yang Anda pilih biasanya mencerminkan kepribadian Anda.

3. Gunakan aksesori

Aksesori dapat jadi pemanis serta tambahan penampilan Anda. Pilih aksesori yang memang sesuai dengan gaya pakaian Anda saat itu. Akan tetapi, pilihan aksesori juga harus tepat dan sesuai. Jika Anda sudah mengenakan busana dengan corak warna-warni tentu saja tidak cocok lagi mengenakan kalung ataupun gelang. Bisa-bisa penampilan Anda benar-benar menor!

4. Make-up

Merias wajah Anda agar terlihat merona dan cerah akan menjadi penilaian apakah Anda memang antusias terhadap perusahaan tersebut. Perlu diperhatikan, menggunakan make-up tidak harus berlebihan, ya. Tonjolkan kelebihan pada wajah Anda, tidak perlu semuanya. Pilih make-up natural saja. Kemudian, jangan lupa untuk menata rambut Anda serapi mungkin.

5. Percaya diri

Penampilan sudah oke, tapi kalau tetap saja tidak percaya diri ya sia-sia. Oleh karena itu, berlatihlah untuk meningkatkan kemampuan berbicara Anda. Berpikiran positif juga akan membantu Anda untuk tidak terlalu deg-degan. Kemudian, ketika wawancara nanti, meski percaya diri, bukan berarti Anda harus memusatkan segala hal pada diri Anda. Jadilah pendengar yang baik. Dengan begitu, Anda pun bisa semakin mengenal budaya perusahaan tempat Anda melamar.

Tak sulit, bukan? Yang penting, persiapkan jauh-jauh hari mengenai apa yang Anda kenakan, bagaimana riasan Anda dan sebagainya. Sekali lagi, jangan lupa untuk melatih kemampuan berbicara Anda di rumah. Anda bisa mencari beragam informasi pertanyaan-pertanyaan wawancara yang biasa diajukan dan siapkan pula jawaban Anda semenarik mungkin. Dengan catatan, jawaban yang Anda utarakan memang harus sesuai kemampuan Anda, ya.

Sambil menyiapkan diri saat wawancara, sebaiknya juga memilih perusahaan yang tepat agar kelak tidak menyesal. Nah berikut kami sajikan perusahaan-perusahaan beserta kisaran gajinya yang patut untuk dimasukkan dalam daftar list Anda.

PT Freeport Indonesia Rp6 juta- Rp47 juta
Direktorat Jenderal Pajak Rp7 juta - Rp19,5 juta
PT Indomarco Prismatama Rp1,5 juta - Rp 25 juta
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Rp2,1 juta - Rp55 juta
Ciputra Group Rp2,5 juta - Rp47,5 juta
PT XL Axiata Tbk Rp1,5 juta - Rp75 juta
PT Indosat Tbk Rp1,5 juta - Rp47,5 juta
PT Adaro Energy Tbk Rp2,5 juta - Rp75 juta

Semoga berhasil!

1 comment :

  1. klu saya sih kurang percaya diri ketika saat di wawancara, grogi banget lihat tu user, untuk mencari info kerja biasanya saya cari pada blog-blog dibawah ini:
    Lowongan Kerja Terbaru Tjarieloker
    Lowongan Kerja Terbaru Tjariejob
    Lowongan Kerja Terbaru Kerjah

    ReplyDelete